Bahan-Bahan Sehat untuk Adonan Kue (1)

on Tuesday, December 27, 2011

Gula pasir, telur, dan mentega adalah bahan-bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kue. Padahal, bahan-bahan pembuat kue jika berlebihan kurang baik untuk kesehatan. Ada banyak bahan sehat buat pengganti bahan -bahan kue.

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/03/22/1554526p.jpg

Konsumsi makanan sehat tidak terbatas pada bahan makanan saja. Bahan untuk kue pun sudah malai banyak diganti dengan bahan-bahan alami. Pilihan pun jatuh kepada makanan berlabel sugar-free dan fat-free, termasuk bahan yang digunakan untuk membuat kue.

Namun, perlu diingat bahwa hasil akhir dan rasa kue yang dibuat dengan bahan alternatif mungkin berbeda dibanding memakai gula pasir, telur, dan mentega. Hal ini juga tergantung pada jenis kue yang dibuat. Berikut ini bahan pengganti yang sehat yang bisa Anda coba:

http://www.gidasayfasi.com/images/haber/20110728_1296_4750940204.jpg

Pengganti mentega:
Mentega membuat kue jadi gurih dan lembut, namun memiliki 1,627 kkal kalori dan 184 gram lemak per cup. Cobalah ganti dengan bahan berikut:

Cream cheese: Tukar sebagian atau seluruh mentega dalam resep dengan cream cheese rendah lemak. Teksturnya mirip mentega, namun kalorinya lebih rendah. Per satu sendok makan, mentega biasa mengandung 100 kkal kalori dan 11 gram lemak, sementara cream cheese rendah lemak hanya mengandung 30 kkal kalori dan 2 gram lemak.

http://www.gourmetsleuth.com/images/soycreamcheese.jpg
  • Greek yogurt: Yogurt ini punya banyak kelebihan. Berbeda dengan yogurt biasa yang lebih cair, Greek yogurt lebih creamy dan kental. Makanya yogurt tanpa whey ini dapat dijadikan pengganti mentega. Apalagi selain rendah lemak, Greek yogurt juga rendah gula dan karbohidrat namun tinggi protein.
  • Pure apel tanpa gula: Biasa disebut unsweetened applesauce. Sisihkan ½ jumlah mentega yang dibutuhkan, lalu ganti dengan puree apel. Cocok untuk membuat cake. Bisa memangkas kalori hingga 1,550 kkal dan lemak hingga 184 gram.
  • Pure labu kuning tanpa gula: Bisa digunakan untuk quick bread, spice bread, muffin, cake, pancake, dan brownies. Cara penggunaannya sama seperti puree apel. Jumlah kalori dan lemak yang dipotong adalah 1,500 kkal dan 184 gram.
  • Pure prune: Gunakan mentega sebagian saja dan tambahkan puree prune sebagai gantinya. Pure ini cocok untuk kue cokelat, brownies, gingerbread, dan kue beraroma rempah-rempah. Kalori dan lemaknya 1,365 kkal dan 184 gram lebih rendah dibanding mentega biasa.
  • Pisang halus: 1 cup pisang tumbuk dapat dijadikan alternatif 2 cup minyak. Teksturnya yang padat tidak cocok untuk kue bertekstur ringan dan halus. Rasanya juga kurang enak jika dipadankan dengan citrus dan berry. Pisang halus paling sesuai untuk resep quick bread, coffee cake, dan pancake.










sumber :http://www.detikfood.com/read/2011/12/27/113527/1800181/900/bahan-bahan-sehat-untuk-adonan-kue--1-

0 comments:

Post a Comment