Bahan-Bahan Sehat untuk Adonan Kue (2)

on Tuesday, December 27, 2011

Ternyata banyak pengganti bahan mentega yang bisa memangkas kalori hingga setengahnya. Demikian juga dengan pengganti telur dan gula pasir. Apa saja bahan alami pengganti kedua bahan yang sering dipakai dalam membuat kue?

http://3.bp.blogspot.com/-CLamE9V63kQ/TWoth0u7MvI/AAAAAAAAAB4/4ibvCi_bBD8/s1600/telur.jpg

Jika Anda tidak terlalu yakin bahan pengganti berikut dapat menghasilkan kue sebaik telur dan gula biasa, coba dulu sedikit-sedikit. Jika sukses, ganti sebagian atau bahkan seluruh jumlah telur dan gula dalam adonan dengan bahan-bahan berikut agar kalori dapat dikurangi.

Pengganti telur
Telur berfungsi memberikan tekstur yang ringan dan mengikat adonan. Bagaimanapun juga, tiap butir telur mengandung 75 kkal kalori, 5 gram lemak, dan tinggi kolesterol. Untungnya, ada bahan-bahan yang dapat mengganti fungsi telur ini:



  • Puree apel tanpa gula: Selain berguna menggantikan mentega, puree apel juga memiliki sifat seperti telur dalam adonan. Masukkan ¼ cup puree apel untuk menggantikan 1 butir telur dalam adonan brownies, cake, dan quick bread. Andapun dapat mengurangi 50 kkal kalori dan 5 gram lemak.
  • Cuka dan baking soda: Per butir telur setara dengan 1 sendok teh baking soda yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka apel. Reaksi kimia yang dihasilkan membuat adonan mengembang dan teksturnya menjadi ringan.
  • Flaxseed bubuk: 1 sendok makan flaxseed bubuk yang kaya omega 3 dan serat ternyata bisa menggantikan 1 butir telur jika dicampur dengan 3 sendok makan air. Setelah diblender, campuran ini akan menjadi kental, creamy, dan terasa seperti kacang. Gunakan dalam adonan pancake, wafel, muffin, carrot cake, dan oatmeal cookie. Sebanyak 10 kkal kalori dan 1 gram lemak pun bisa dibuang dibanding menggunakan telur.
  • Pisang halus: ½ cup pisang tumbuk setara dengan 1 butir telur, namun lebih rendah 10 kkal kalori dan 5 gram lemak dibanding telur. Selain untuk mengikat adonan, pisang juga dapat menambah rasa manis.
  • Tofu sutera: Tofu sutera yang dikocok atau dibuat pure bisa digunakan untuk membuat cake, brownies, dan custard. Ganti 1 butir telur dengan ¼ cup tofu sutera halus, dan bisa memangkas 37 kkal kalori dan 2 gram lemak.

http://w22.indonetwork.co.id/pdimage/51/2684251_sugar-busters-1.jpg

Pengganti gula pasir:
Gula tidak hanya membuat kue menjadi manis, tapi juga mencegah gluten terbentuk sehingga kue menjadi lebih lembut. Namun, kalori yang tinggi dan ancaman bagi kadar gula darah membuat gula kadang menjadi momok. Cobalah penggantinya:


  • Truvia: Bahan pemanis ini berasal dari sumber alami, yaitu daun stevia. Rasa dan teksturnya mirip gula pasir, namun bebas kalori.
  • Nektar agave: Bentuknya cair, asalnya dari tanaman agave. Selain alami, nectar agave juga cukup aman bagi kadar gula darah.
  • Molasses: Ganti setengah jumlah gula yang diperlukan dengan molasses. 1 cup gula setara dengan 1 1/3 cup molasses.
  • Madu: Karena madu lebih manis daripada gula, pakailah perbandingan 1 cup gula = ¾ cup + 1 sendok makan madu.








sumber :http://www.detikfood.com/read/2011/12/27/152530/1800477/900/bahan-bahan-sehat-untuk-adonan-kue--2-?dthlutama

0 comments:

Post a Comment