Jam Yang Berfungsi Hingga 10.000 Tahun

on Friday, December 23, 2011




Sebuah crane sedang bekerja di lokasi Jam di bagian barat Texas.

Ini adalah Jam yang sangat besar, setinggi ratusan meter, terletak di dalam sebuah gunung, yang dirancang untuk bertahan hingga rentang waktu 10.000 tahun. Sesekali lonceng yang ada di dalam Jam ini memainkan melodi. Setiap kali lonceng berdering, lonceng itu membunyikan melodi yang belum pernah dimainkan sebelumnya. Lonceng jam ini telah diprogram untuk tidak mengulangi melodi itu untuk 10.000 tahun. Jam tersebut menimbun energi dari sumber yang berbeda dan kadang-kadang jam itu akan berdering sendiri ketika tidak ada orang mendengarnya.


Menggali terowongan pintu masuk untuk jam.

Jam ini nyata adanya. Sekarang ini sedang dibangun di dalam sebuah gunung di barat Texas. Jam ini adalah yang pertama dari Jam milenium. Para perancang berharap akan dapat bangun jam seperti ini di seluruh dunia di waktu yang akan datang. Ada lokasi jam kedua yang sudah dibeli terletak di puncak sebuah gunung di timur Nevada, sebuah lokasi yang dikelilingi oleh hutan pinus bristlecone yang telah berusia 5.000 tahun. Pinus bristlecone merupakan salah satu diantara organisme berumur terpanjang di planet ini. Para desainer dari Jam di Texas mengharapkan loncengnya akan tetap berdering dua kali selama pinus bristlecone yang telah berusia 5.000 tahun masih ada. Sepuluh ribu tahun adalah sekitar usia peradaban, sehingga Jam 10K-year akan mengukur masa depan peradaban sama dengan masa lalu. Yang mengasumsikan kita berada di tengah-tengah perjalanan - pernyataan implisit seorang optimisme.


Insinyur Chris Rand (kanan) dengan bagian roda Jenewa pertama.

Jam ini sedang mesin dan dirakit di California dan Seattle. Sementara gunung di Texas sedang disiapkan. Mengapa ada orang yang membangun Jam di dalam sebuah gunung dengan harapan bahwa itu akan berdering untuk 10.000 tahun? Bagian dari jawabannya: hanya agar orang akan bertanya pertanyaan ini, dan setelah menanyakan nya, mendorong dirinya untuk membayangkan pengertian generasi ribuan tahun mendatang. Jika Anda memiliki Jam yang berdetik selama 10.000 tahun, jenis pertanyaan apa yang akan Anda sarankan untuk generasi mendatang? Jika Jam dapat tetap bertahan selama sepuluh ribuan tahun, tidakkah seharusnya kita pastikan peradaban kita juga demikian halnya? Jika Jam terus mampu berfungi setelah kita secara pribadi lama mati, mengapa tidak mencoba proyek-proyek lain yang memerlukan generasi mendatang untuk menyelesaikan? Pertanyaan yang lebih besar adalah, sebagai virologist Jonas Salk pernah bertanya, "Apakah kita menjadi nenek moyang yang baik?"

Penemu Jam ini memperkenalkan ide (tahun 1995) dengan konteks ini:

Saya tidak bisa membayangkan masa depan, tapi saya peduli tentang hal itu. Saya tahu saya bagian dari sebuah cerita yang dimulai jauh sebelum aku bisa mengingat dan terus berlanjut di luar ketika siapa pun akan ingat saya. Saya merasa bahwa saya hidup pada saat perubahan penting, dan saya merasa bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perubahan datang dengan baik. Aku menanam biji-bijian dengan mengetahui bahwa saya tidak akan pernah hidup untuk memanen nya.

Saya ingin membangun sebuah jam yang berdetik setahun sekali. Dengan jarum "century" yang maju setiap 100 tahun sekali, dan "Cuckoo" yang keluar setiap 1 milenium mendatang.

Itulah Danny Hillis, penemu polymath, insinyur komputer, dan designer, jenius dan penemu utama Jam itu. Dia dan Stewart Brand, pelopor budaya dan biologi terlatih, meluncurkan sebuah yayasan nirlaba untuk dapat membangun setidaknya Jam pertama. Teman perjalanan dan musisi rock bernama Brian Eno menamai organisasi itu "The Long Now Foundation" untuk menunjukkan rasa panjangnya waktu yang diperlukan - tidak panjang pendeknya sekarang kuartal berikutnya, minggu depan, atau lima menit berikutnya, tetapi dalam arti berabad-abad.


Dari kiri ke kanan: Doug Carlston, Danny Hillis, Stewart Brand, Brian Eno memeriksa sebuah maket awal mekanisme penghitungan jam ini pada tahun 1996.

Eno juga menyusun generator-melodi-yang-tidak-pernah-terulang yang membunyikan lonceng Jam di dalam gunung. Jam di Gunung ini didanai dan dibangun pada properti yang dimiliki oleh Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon.com.

Langkah pertama dalam proyek multi-dekade ini adalah membangun prototipe setinggi 8 kaki yang mampu berfungsi. Versi uji ini telah rampung (tepat) pada malam tahun baru 1999. Pada tengah malam, prototipe jam 10.000 tahun ini berbunyi dua kali untuk mengantar milenium baru, tahun 2000, di depan kerumunan kecil di Presidio, San Francisco. Jam proptipe ini sekarang berada di London Science Museum.


Stewart Brand, baru saja kembali dari Maroko, berdiri di hadapan prototipe jam menit-menit sebelum berdering pada tahun 2000.

Berbeda dengan prototipe skala-manusia, Jam di gunung ini akan monumental, hampir dalam skala arsitektur. Ini akan menjadi sekitar 200 meter. Terletak di bawah gunung kapur terpencil di pegunungan Sierra Diablo di Texas, akan membutuhkan pendakian satu hari untuk mencapai gigi interior. Hanya untuk mencapai pintu masuk terowongan yang terletak 1500 kaki di atas gurun tandus dapat membuat beberapa pengunjung kehabisan napas, tertusuk oleh duri-duri, dan entah apalagi yang akan terjadi pada mereka.


Kondisi jalan saat ini untuk menuju ke pintu masuk Jam ini.

Untuk melihat Jam ini Anda perlu untuk memulai pada waktu fajar. Setelah Anda tiba di pintu masuk yang tersembunyi di sebuah lubang di permukaan batu, Anda akan menemukan sebuah pintu batu giok berbingkai dalam stainless steel, dan kemudian sebuah pintu baja yang kedua di luar itu. Ini berfungsi sebagai semacam airlock, yang menjaga dari debu dan binatang liar. Anda harus memutar pegangan bulat untuk masuk, dan kemudian menutup pintu belakang Anda. Ini benar-benar gelap. Anda terus berjalan dalam kegelapan terowongan beberapa ratus meter. Pada akhirnya ada tanda-tanda cahaya di lantai. Anda melihat ke atas. Ada sebuah titik cahaya jauh, di atas puncak sebuah terowongan vertikal sepanjang 500 kaki dengan diameter sekitar 12 meter.

Titik cahaya menanti Anda. Anda mulai pendakian. Anda mulai mendaki tangga spiral terus menerus, berkelok-kelok sampai tepi luar dari terowongan, naik ke atas cahaya yang sangat samar. Tangga yang diukir dari batu. Untuk memotong tangga spiral Stuart Kendall Seattle Solstice menciptakan robot batu khusus untuk mengiris terus beberapa anak tangga per hari. Robot itu bertahap merayap ke bawah sementara puing-puing jatuh ke poros pusat dari jalan.


Sebuah demo robot pemotong tangga menggunakan sampel beton.

Putari terowongan dan naik tube ke arah cahaya yang Anda tuju. Bagian pertama dari Jam yang Anda temui di pendakian menaiki tangga spiral adalah counterweight sistem drive Jam ini. Ini adalah setumpuk batu disk, seukuran mobil kecil, dengan berat 10.000 pon. Anda mungkin harus memanjat 75 kaki sebelum Anda mencapai beban.



Setelah Anda melewati beban, Anda tiba di stasiun berliku. Ini adalah mesin kerek horisontal, atau penggulung seperti pintu putar pada kapal layar tua untuk mengangkat jangkar. Dibutuhkan dua atau tiga orang untuk mengangkat 10.000 pound batu.


Salah satu gigi giling dari stainless steel. Setiap takik di gigi ditekuk dalam 3 dimensi.

Anda terus mendaki. Selama 70-80 kaki berikutnya pendakian Anda melewati 20 roda gigi horizontal besar (disebut Jenewa roda), dengan diameter 8 meter, masing-masing berbobot 1.000 kilogram. Ini adalah komputer mekanis yang menghitung lebih dari 3,5 juta melodi yang berbeda yang lonceng akan berdering di dalam gunung selama berabad-abad. Lonceng tidak pernah berulang sehingga pengalaman setiap pengunjung adalah unik. Jam mengkalkulasi tanpa listrik, menggunakan energi yang disimpan untuk menggerakkan gerbang logika fisik dan bit. Ini adalah komputer paling lambat di dunia.



Mekanisme penghitungan.

Pada hari-hari ketika pengunjung berada di sana untuk memutarnya, penghitungan melodi ditransmisikan ke lonceng, dan jika Anda berada di sana pada siang hari, lonceng akan membunyikan nada unik sekali. 10 lonceng dioptimalkan untuk akustik dari ruang poros, dan ukuran mereka sangat besar.

Akhirnya, jalan keluar untuk bernapas, Anda tiba di ruang utama. Disinilah muka Jam. Sebuah disk berdiameter 8 kaki menampilkan siklus alami waktu astronomi, kecepatan bintang-bintang dan planet-planet, dan waktu galaksi prosesi bumi. Jika Anda mengintip ke dalam kerja Jam, Anda juga dapat melihat waktu.


Sketsa muka Jam dan beberapa siklus yang ditampilkan.

Tetapi untuk mendapatkan waktu yang benar, Anda perlu untuk "bertanya" pada jam. Ketika Anda pertama kali datang, waktu yang ditunjukkan oleh jam adalah waktu yang diberikan kepada orang terakhir mengunjungi. Jika belum ada yang mengunjungi, katakanlah, sejak 8 bulan dan 3 hari yang lalu, ia akan menampilkan waktu pada saat itu. Untuk menghemat energi, Jam tidak akan bergerak kecuali jika digerakkan oleh pengunjung. Jam menghitung waktu yang tepat, tetapi hanya akan menampilkan waktu yang tepat jika Anda memutarnya.

Jadi bagaimana Clock tetap berjalan jika tidak ada satu kunjungan selama berbulan-bulan, atau tahun, atau mungkin beberapa dekade? Siapa yang akan mengatur ulang? Jam ini dirancang untuk berjalan selama 10.000 tahun bahkan jika tidak ada seorang pun melihat(meskipun tidak akan menampilkan waktu yang benar sampai seseorang mengunjungi). Jika tidak ada perhatian untuk jangka waktu yang lama Jam menggunakan energi yang ditangkap oleh perubahan suhu antara siang dan malam di puncak gunung untuk time-keeping aparatusnya.Di tempat seperti puncak gunung, perbedaan diurnal puluhan derajat suhu sangat signifikan dan demikian kuat.Tenaga panas telah digunakan untuk jam perapian kecil sebelumnya, tetapi belum pernah dilakukan sebelumnya pada skala ini.Kekuatan diferensial ditransmisikan ke bagian dalam Jam dengan batang logam panjang. Selama matahari bersinar cerah dan malam datang, Jam dapat menjaga waktunya sendiri, tanpa bantuan manusia.Tapi itu tidak bisa membunyikan loncengnya sendiri, atau menunjukkan waktu yang sebenarnya, sehingga perlu pengunjung manusia.

Jika matahari bersinar melalui awan lebih sering dari pada yang diharapkan,dan jika malam lebih dingin dari biasanya,kekuatan ekstra yang dihasilkan oleh perbedaan (melampaui apa yang biasanya dibutuhkan untuk menyenggol pendulum) akan menuju ke beban Jam.Itu berarti bahwa dari waktu ke waktu, dalam kondisi ideal, matahari benar-benar akan membunyikan lonceng, dan cukup mampu untuk berdering bila tidak ada seorang pun.


Kardus model tangga dan mekanisme gantung.


Prototipe sinkronisasi Surya.




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9281497

0 comments:

Post a Comment