Operasi Caesar Agar Bayi Lahir di Tanggal Tertentu Diharamkan

on Saturday, December 24, 2011

Operasi caesar karena alasan ingin melahirkan pada tanggal-tanggal tertentu seperti tanggal cantik atau alasan non kesehatan diharamkan oleh Forum Ponpes se Jawa Madura. Operasi caesar hanya boleh untuk upaya darurat dan paling terakhir.

http://1.bp.blogspot.com/-8v-XNH228pA/TuXkKDRPQ9I/AAAAAAAAFVA/1BhAShYlblg/s1600/usai-operasi-caesar-bekas-operasi-ditutup-jahitan-atau-staples.jpg

Haramnya operasi caesar karena alasan tanggal cantik ini hasil rumusan Forum Bahtsul Masail Pondok Pesantren (Ponpes) ke-24 di Ponpes Al Falah Trenceng Tulungagung, Jatim.

http://www.widyadara.com/wp-content/uploads/2011/09/Proses-Melahirkan-Secara-Caesar.jpg

Forum yang diikuti 250 santri dari 150 ponpes se-Jawa dan Madura ini selain operasi caesar, mereka juga mengharamkan menyambung rambut dan menggunakan tato alis yang dilakukan kaum perempuan.

Menurut ulama, operasi caesar itu dilakukan sebagai upaya darurat dan paling terakhir. Jika tidak ada alasan caesar, bisa dianggap salah karena membahayakan diri.

"Jika alasan caesar untuk mengejar angka tertentu karena dianggap cantik semisal 11-11-2011, maka para santri dengan tegas menyatakan haram. Sebab tidak ada alasan penting yang diatur syariat dalam percepatan kelahiran itu," kata Perumus Bahtsul Masail Alif Murjoko usai acara, Jumat (23/12/2011).

Alif mengaku, operasi benar-benar boleh dilakukan jika itu membahayakan si ibu atau janin yang dikandung.

Sementara Perumus Bahtsul Masail Agus Alwi mengatakan selain operasi caesar hal-hal yang diharamkan lagi adalah orang-orang yang menyambung rambut dan tato alis. Sebab hal itu sama saja merubah anugerah yang diberikan Tuhan.

"Kegiatan mempercantik diri itu sebagai bentuk nyata dari tipu daya setan. Selain itu tato bersifat menyakiti diri sendiri sehingga secara fiqih diharamkan. Termasuk mencukur alis juga dilarang," jelas Agus.

Pihaknya, kata Agus, merujuk dalam surat An Nisa ayat 119 yang menjelaskan secara gamblang bahwa setan memang telah berjanji mengganggu manusia dengan cara merubah ciptaan Alloh SWT. Sementara itu Forum Bahtsul Masail ini dilakukan rutin satu tahun 2 kali.

http://info.pengobatan.biz/wp-content/uploads/2011/06/operasi-caesar.jpg

Operasi caesar

Operasi caesar dilakukan jika berisiko terhadap ibu dan bayi misalnya terjadi infeksi, perdarahan, ada penyakit tertentu atau bayi memiliki masalah seperti terlilit tali pusat, gangguan pernapasan atau masalah pada plasentanya.

Saat ini banyak sekali ibu hamil yang melahirkan bayinya melalui operasi caesar baik karena memiliki masalah dengan kehamilannya ataupun tidak.

Banyaknya perempuan yang melakukan operasi caesar juga dipengaruhi oleh teknologi reproduksi yang semakin canggih atau ukuran bayi yang terlalu besar karena meningkatnya penderita diabetes pada ibu hamil.

Operasi caesar merupakan salah satu jenis operasi yang diperlukan untuk menyelamatkan ibu dan bayi yang dikandungnya. Tapi jika ibu seringkali melakukan operasi caesar, maka bisa berbahaya dan meningkatkan risiko kesehatan.

Risiko tersebut misalnya histerektomi (pengangkatan rahim) hampir 5 kali lebih tinggi terjadi pada perempuan yang sudah 4 kali operasi caesar, serta risiko transfusi darah lebih tinggi jika sudah 6 kali operasi caesar.

Sebagian besar dokter tidak menyarankan perempuan untuk melakukan operasi caesar lebih dari 3 kali. Jika perempuan tersebut hamil kembali, maka akan dianjurkan untuk melahirkan melalui vagina atau secara normal.

http://www.infokebidanan.com/wp-content/uploads/2010/12/Menyusui-Pasca-Melahirkan-dengan-Operasi-Cesar.jpg







sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/23/185024/1798935/1299/operasi-caesar-agar-bayi-lahir-di-tanggal-tertentu-diharamkan?l1101755

0 comments:

Post a Comment