Paradigma PDKT (cowo wajib masuk!)

on Friday, December 23, 2011



Siapa ane? Apakah ane dewa PDKT? Atau ahli percintaan? Jawabannya: Bukan. I'm just a thinker, observer, and quite an experiencer.



Karena ane cowo, maka trit ini diperuntukkan untuk para temen2 cowo, dari sudut pandang cowo. Untuk para sista ane harap tetep baca trit ini dengan diakhiri dengan memberikan komentar yang relevan.

Istilah PDKT atau pendekatan umum banget dikalangan cowo2 yg pengen nyari pasangan (baca: pacar). Banyak temen2 cowo yg lebih dari sekali ngelakuin PDKT, baik kepada orang yang sama maupun berbeda. Tapi tau ga sih gan, ternyata banyak temen2 cowo yg kurang tepat ngelakuin PDKT kepada gebetannya. Sebelumnya udah ada trit yang jadi HT bahas soal 17 kesalahan cowo waktu PDKT. Ane ga bakal bahas ulang trit itu di sini, cuma garis besarnya aja.

PDKT pada dasarnya proses yang asik dalam memulai hubungan. Satu hal yang paling penting yg harus jadi dasar dalam ngelakuin PDKT: bahwa PDKT itu adalah proses yang sifatnya mutual. Artinya PDKT itu dilakukan baik si cowo maupun cewe. Kalo cuma searah aja misalnya si cowo aja, itu bukan PDKT tapi itu pengejaran. Dan ane rasa gada cewe yg secara wajar suka dikejar-kejar, cape gan, ngos-ngosan.

Untuk memudahkan pembahasan, ane membagi ulasan PDKT ini menjadi 5 poin penting.
#1

Kenapa banyak cowo yang salah dalam ngelakuin PDKT? Karena temen2 cowo belum punya paradigma yang tepat soal PDKT. Aturan pertama dalam PDKT adalah: gak boleh ada cinta waktu PDKT. Ini penting untuk menghindari perasaan berbahaya yang namanya NGAREP, kalo agan NGAREP agan bakal jatoh, NGAREP itu berbahaya. Cukup merasa tertarik aja sama gebetan, dan tahan perasaan agan. Kalo agan cowo berkualitas agan bisa kontrol perasaan agan. Cinta harusnya mulai tumbuh setelah gebetan resmi jadi pasangan agan.

Ketika agan ngarep waktu PDKT, agan merasa harus ngelakuin sesuatu untuk si gebetan. Dan makin agan ngelakuin sesuatu agan bakal makin tambah ngarep. Mungkin gak masalah, tapi kadang temen2 cowo ngelakuin sesuatu yg seharusnya dilakukan ketika udah jadi pacar. Contohnya kayak anterin si gebetan kemana-mana, nraktir makan, ngasih kado, rajin ngucapin met pagi met siang met malem, jadi orang pertama yg ngucapin ultah dll. Hey wake up dude, kalo si gebetan udah bisa dapetin sesuatu dari agan tanpa dia harus jadi pacar agan, ngapain dia jadi pacar agan?


Mungkin diantara agan ada yang bilang hal-hal yang ane sebutin di atas itu kadang perlu dan ampuh juga. Ada yg beralasan bahwa cewe perlu diperlakukan spesial dengan ngelakuin apa yang ane sebutin di paragraf sebelumnya. Tapi agan boleh nolak pernyataan ane selanjutnya:
bahwa agan wajib bersikap baik, tapi agan gak wajib bersikap spesial untuk orang yg belom jadi pacar agan. Cukup berlaku seperlunya aja. Walaupun ada cewe yang beneran jadi sama agan dengan cara-cara di atas, ane berani tarohan bahwa tu cewe mang dari awal udah tertarik sama agan.

Sekali lagi PDKT itu asik, seru, dan yang penting terkontrol. Gimana caranya supaya PDKT asik, jawabannya gampang: jadilah asik dan menarik. Saat PDKT berhenti nanya: "gimana caranya biar gue dapet tu cewe?" tapi ganti dengan "gimana caranya kasih kesempatan supaya si cewe tertarik sama gue?". Yep sekali lagi jawabannya gampang: jadilah asik dan menarik.

There is no trick in approaching a girl. If there really is, the trick is you, yourself.
#2

Jaga perasaan agan supaya gak jatoh dalam lembah ngarep. Caranya adalah dengan memperbaiki diri, jadi cowo berkualitas, jadi cowo glossy. Jadi cowo yang punya kemampuan untuk memilih gadis mana yang baik untuk dirinya. Jadi cowo yang punya kekuatan menolak atau menghindari sesuatu yang kelihatan baik padahal enggak (contoh: gadis berparas cantik namun hatinya belum cantik). Maka dari itu inilah aturan kedua dalam PDKT: fokus lah pada diri agan, bukan gebetan agan.

Yang ga tepat dalam PDKT adalah si cowo fokus sama gebetan. Cari segala info soal dia, cari kesukaan dia, perhatian sama dia, tau semua jadwal dia, dan yang parah jadi stalker. Sebenernya itu gak perlu, daripada agan fokus sama gebetan agan, lebih baik agan fokus sama diri agan dan ningkatin kualitas diri agan. Yang ane bilang sebelumnya: jadilah menarik. Perhatiin dandanan agan, be social, be more active, be more attractive, cari kegiatan yang ningkatin passion hidup agan, gaul sama temen2 baru, cari hobi baru yang asik, dan yang paling penting berbahagialah. Mana ada cewe normal yang suka sama si pemuram yang anti sosial dan ga asik? Ane jamin agan bakal keliatan lebih "bersinar" ketika agan ngelakuin hal-hal yg barusan ane sebut. Inget ini gan: Agan ga perlu samain kesukaan agan, atau hobi agan dengan si gebetan, sekali lagi agan hanya perlu jadi menarik.

#3

Selanjutnya aturan ketiga dalam PDKT adalah: be different! Timbulkan kesan bahwa agan adalah cowo yang beda (dalam artian baik dan wajar) dibandingkan dengan cowo-cowo lain yg ngejar gebetan agan. Cara yang paling gampang adalah tunjukin bahwa agan ga takut kalo target agan nolak agan, tunjukin bahwa agan menikmati proses PDKT ini, ga lebih. Tapi inget jangan tunjukin (cuma) lewat omongan, tapi juga lewat tindakan. Lihat aturan PDKT nomor dua, ketika agan udah mampu ngelaksanain aturan tersebut secara otomatis agan bakal terlihat ga ngarep. Si gebetan dalam hati bakal bilang: "ni cowo kehidupannya dah asik banget, kalo gue tinggal dia ga bakal ngerasa rugi kayaknya deh, ah sayang ah kalo gue tinggal"

Ane kasih tips sederhana yang bisa buat agan beda dari yang lain. Kebanyakan cowo ngegombal, dan memuji si gebetan, kasih rayuan-rayuan maut dan ucapan manis. Daripada gitu, lakukan sebaliknya. Kalo cowo lain bilang gebetan agan cantik, maka jadilah orang pertama yang bilang dia jelek. Tapi inget konteksnya adalah ngejek (jerk joke) bukan menghina (insult). Jerk joke juga bakal buat agan sama gebetan agan makin akrab. Jerk joke akan menimbulkan reaksi contohnya seperti ini: "aaah elo maah rese deh (sambil mukul2 gemes)". inget ya bukan ngehina. Hal ini harus dilakukan dalam situasi dan kondisi yang tepat biar gak melenceng maksudnya.

#4

Selanjutnya adalah aturan yang sering banget dilanggar oleh pelaku PDKT, aturan keempat: jangan PDKT dengan lebih dahulu jadi sahabat, kakak (kakak ketemu gede), temen curhat atau yg lainnya. Sebenernya ini gak guna banget, ini yang bikin PDKT jadi berlarut-larut dan nimbulin pertanyaan besar dalam kepala cowo: "si dia suka ga yaa sama gw? dia sering curhat nih sama gw, dia nyaman banget sama gw, kayaknya dia suka deh". Rasa nyaman gak sama dengan cinta. Simpelnya gini, agan gak perlu nanya-nanya apakah si gebetan suka apa enggak sama agan, karena kalo dia suka sama agan tanpa agan bertanya-tanya pun agan bakal nyadar sendiri.

contoh kasusnya gini: cowo A naksir dengan cewe B. Awalnya A dan B cuma teman biasa. Kemudian A memutuskan untuk deketin si B. A masuk sebagai temen curhatnya B dan lama-kelamaan hubungan mereka deket. Karena A lebih tua (dikit) dari B, jadilah mereka kakak-adean. Mereka saling ceritain rahasia terdalam masing-masing. A selalu pengen hubungan mereka resmi bukan sekedar kakak-ade, akhirnya A nembak B. Dan apa yg didapat A, ternyata B berkata: "aku udah nyaman banget sama kamu, tapi sebagai kakak, aku udah anggep kamu kayak kakak aku sendiri, aku gabisa kalo kita pacaran".


Apa ada yang tertohok dengan cerita di atas? kalo ada silahkan angguk2, karena hubungan seperti di atas itu sangat beresiko. Masih mending hubungan A dan B tetep baik kakak-adean, tapi kebanyakan malah jadi jauh-jauhan.


Kebanyakan cowo itu lebih peka dengan tanda-tanda si cewe suka sama dia dibandingan dengan tanda-tanda si cewe ga suka. Padahal mungkin tanda-tanda si cewe ga suka lebih banyak daripada tanda-tanda si cewe suka, yang artinya si cewe sebenernya ga suka.
Mudah-mudahan agan paham maksud ane.

#5

Sekarang kita sampai pada aturan yang paling mendasar dalam PDKT, aturan kelima: Agan adalah pribadi yang dari awal UDAH lengkap dan bahagia. Pasangan hidup (pacar, kekasih, istri dsb) ada BUKAN untuk melengkapi kebahagian agan, tapi untuk berbagi kebahagiaan agan. Kalo mereka tidak ada, kebahagiaan agan gak berkurang sedikitpun.

Cewe lebih tertarik pada orang yang bahagia dibandingkan dengan orang yang murung. Jangan membuat diri agan keliatan kasihan dengan harapan si gebeten bisa luluh. Rasa kasian, simpati, dsb tidak sama dengan cinta.


Kalo agan berhasil menjadi pribadi yang udah bahagia dari awal, agan bakal terhindar dari rasa ngarep, agan bakal santai dalam PDKT, dan gebetan pun bakal mikir kalo agan itu cowo berkualitas yang beda dari cowo lain. Kalopun si cewe harus nolak agan, si cewe yang bakal ngerasa rugi, bukan agan. Karena sekali lagi agan adalah cowo yang berkualitas.

Seperti yang ane bilang di awal tulisan, PDKT adalah kegiatan yang sifatnya mutual, jadi ketika agan udah ngelakuin kelima aturan yang udah ane uraikan sebelumnya tapi si gebetan gak nunjukin ketertarikan sama gan, segera tinggal dan cari target baru. Kalo perlu jangan cuma deketin satu cewe aja, semakin banyak semakin bagus. Apakah ini sah? Jawabannya tentu aja sah, kenapa? Karena agan gak obral cinta sama mereka, agan hanya tertarik. Dan inget, sama sekali gak salah untuk jadi cowo pemilih karena agan punya potensi dan kualitas untuk itu.
Selamat PDKT!




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12115364

0 comments:

Post a Comment