Yang Efektif Dilakukan untuk Turunkan Berat Badan

on Saturday, December 24, 2011

Sebenarnya cara menurunkan berat badan itu tidak melulu sulit atau terlalu mengubah kebiasaan sehari-hari. Hanya dengan mengurangi asupan kalori sejumlah 200-500 kalori setiap hari melalui diet atau olahraga, maka orang bisa menurunkan berat badan hingga 5 pon (2,27 kg) dalam sebulan.

Untuk bisa menurunkan asupan kalori tersebut ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan yang berimbas pada penurunan berat badan seperti dikutip dari Fitbie, Minggu (25/12/2011):

1. Minum air putih lebih banyak
http://melileaku.com/wp-content/uploads/2010/10/7-wonder-water.jpg

Penelitian menunjukkan bahwa, H2O (air) dapat menekan selera makan. Dalam sebuah studi oleh American Chemical Society, diet dengan minum air 3 kali sehari sebelum makan selama 12 minggu dapat menurunkan sekitar 5 kg lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan diet tersebut.

Air juga membuat tetap berenergi, sehingga akan memiliki kekuatan yang diperlukan untuk membakar kalori tambahan di gym, di lapangan tenis, atau di mana pun hari beraktifitas. Jika mengalami sedikit saja dehidrasi sudah dapat menyebabkan perasaan lelah.

2. Mengurangi makanan yang digoreng, seperti kentang goreng

http://iraditelanbumi.files.wordpress.com/2011/09/kentang-goreng.jpg

Sebuah studi yang dilakukan selama 4 tahun pada efek dari gaya hidup terhadap berat badan menyatakan bahwa, kentang dan keripik kentang juga berkaitan erat dengan peningkatan berat badan. Makanan tersebut dapat diganti dengan sayuran segar yang lebih kaya serat dan rendah kalori.

3. Mengurangi gula tambahan
http://goorme.com/userfiles/blogs/937/gula.jpg

"Orang Amerika rata-rata mengonsumsi 475 kalori dari gula yang ditambahkan setiap hari," kata Rachel Johnson, RD, PhD, seorang profesor nutrisi di University of Vermont. Padahal menghilangkan gula tambahan dapat mengurangi asupan kalori dalam seminggu.

Tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam journal Public Health Nutrition menemukan bahwa konsumsi minuman dengan pemanis gula dapat menyumbang sekitar 20 persen dari berat badan. Untuk memangkas ratusan kalori dari makanan sehari-hari, dapat memeriksa label makanan yang dikonsumsi.

4. Waspada terhadap kalori tersembunyi
http://artihidupku.com/home/images/stories/obesitas.jpg

Para peneliti menemukan sekitar 19 persen dari makanan yang diuji mengandung setidaknya 100 hingga 1.000 kalori lebih banyak daripada apa yang dinyatakan pada label.

Penyebab terbesar dari kesalahan perhitungan kalori juga biasanya terjadi pada makanan yang sehat, misalnya salad dan sup. Oleh karena hal tersebut hal yang paling penting adalah memperhatikan setiap porsi makanan yang kita makan sehari-hari.

5. Banyak bergerak
http://media.vivanews.com/images/2009/02/27/66438_olahraga_lari.jpg

Tidak semua kalori dapat dikurangi dengan memilih jenis makanan atau mengikuti diet sehat. Aktivitas fisik harian juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Jika mengangkat beban dan menjalankan treadmill tidak sempat dilakukan, dengan aktivitas fisik sederhana secara rutin pun dapat efektif menurunkan berat badan. Aktivitas fisik sederhana dapat dengan memperbanyak jalan kaki dalam rutinitas sehari-hari.






sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/25/120350/1799456/766/yang-efektif-dilakukan-untuk-turunkan-berat-badan?l1101755

0 comments:

Post a Comment